Entri Populer

Jumat, 01 April 2011

10 Laut terbesar di dunia

SAMUDERA PASIFIK
Inilah lautan terbesar didunia yang memiliki luas 165.385.450 kilometer persegi. samudera pasifik yang juga dijuluki sebagai lautan Teduh. Terletak disebelah timur Indonesia , ia dikelilingi oleh Benua Asia dan Amerika.

SAMUDERA ATLANTIK
Samudera ini terletak disebelah timur Benua Amerika. Samudera atlantik menempati posisi kedua laut dengan luas 82.440.830 kilometer persegi.

SAMUDERA HINDIA
Samudera Hindia menghubungkan India dengan daratan Arab, Afrika dan Indonesia, khususnya pulau Sumatera dan Jawa. Luasnya mencapai 73.440.000 kilometer persegi.

SAMUDERA ANTARTIKA
Samudera ini sesuai namanya terletak mengelilingi benua Antartika, sebuanh benua Es yang terletak di benua Selatan, ia memiliki luas 14.004.030 kilometer persegi. Karena posiinya, Samudera ini menhubungkan seluruh sisi bumi bagian selatan. Samudera pasifik dan Atlantik terhubung dengan samudera Antartika ini.

LAUT CHINA SELATAN
Laut ini terletak disebelah selatan China. Laut ini memiliki luas 2.986.100 kilometer persegi. Laut China selatan dikelilingi juga oleh negara-negara asia tenggara, seperti Vietnam, Kamboja, Filiphina, dan Indonesia.

LAUT TENGAH
Laut inisering disebut juga dengan Laut Mediterania. Inilah laut yang sering disebut dalam SEJARAH karena dikelilingi oleh negara-negara yang pernah menjadi tempat berdirinya paradaban tinggi, yaitu Eropa selatan (Yunani,Italia,Spanyol), Afrika utara (Mesir,maroko), dan daratan arab, seperti Palestina. Luasnya mencapai 2.970.000 kilometer persegi.

LAUT KARIBIA
Laut ini terletak dekat dengan kepulauan Karibia,terapit oleh negara-negara Karibia seperti Kuba, Jamaika, Poerto riko. Negara Amerika Tengah seperti panama, dan negara-negara Benua Amerika Selatan seperti Venezuela dan Kolumbia. Laut Karibia bersebrangan dengan Samudera Atlantik Luasnya 2.270.000 kilometer persegi.

LAUT BERING
Laut ini terletak sekitar selat bering, yaitu selat yang menghubungkan Benua Asia bagian Utara dengan Benua Amerika Utara. Laut ini terhubung dengan Samudera Pasifik. Luasnya 2.270.000 kilometer persegi.

LAUT OKHOTSK
Laut ini diapit oleh Rusia dan Kepulauan Japang dan langsung berhubungan dengan Samudera Pasifik bagian Barat. Luas laut ini mencapai 1.527.560 kilometer persegi.

LAUT MEKSIKO
Laut ini luasnya mencapai 1.513.460 kilometer persegi. Laut ini terletak bersebelahan dengan negara Meksiko. Di Utara ia berbatasan dengan Amerika Serikat. Seperti halnya laut Karibia, laut meksiko ini bersebelahan dengan Samudera Atlantik. Inilah laut terakhir dari 10 laut terbesar di Dunia.

1 komentar: